Sabtu, 14 Januari 2012

Rich Snippets Testing Tool Beta

Rich Snippets adalah alat untuk mengecek tampilan web dari dalam secara lebih terperinci, besutan google. Alat ini sebenernya sangat cocok terutama buat para pengguna website atau blog yang sering menggunakan mesin pencari google sebagai cermin bagaimana tampilannya saat dilihat dari sisi lain oleh orang lain. Kalo penasaran coba deh alat yang satu ini dijamin seru.
Rich Snippets GoogleBiasanya yang sering posting tentang resep, tinjauan tentang buku, filem, lagu, aplikasi, acara, dll lebih bagus cara menulisnya itu dengan beragam kode agar terbaca lebih jelas. Seperti resep takarannya berapa, beratnya juga, trus kaya gambarnya biar nongol di mesin pencari. Macem-macem deh caranya, gue sendiri sih masih bingung juga sebenernya cara ngejelasin secara detil gimana caranya satu-persatu :D
Tapi yang paling gampang yang mungkin belum ada sih masukin gambar profil google plus ke web atau blognya itu sendiri di mesin google, seperti anda mungkin penulis di blog misalnya. Kalau yang lain sih mungkin sudah banyak yang nulis seperti yang dijelasin ama google sendiri, nah disini gue beda lagi :)
Kalo yang biasanya kan kebanyakan kudu bikin halaman profil di blog secara terpisah, agar bisa diverifikasi sama profil google plus. Nah kali ini lain, tanpa harus ribet2 lagi caranya, cukup masukin URL [contohnya seperti ini https://plus.google.com/112793715544936476410] yang ada di profil google plus sobat, terus masukin deh ke profil bloggernya di Halaman Webku atau url beranda. Bahkan nggak perlu mengganti profil blogger ke profil g+ karena semua gadget belum tentu suport sama google+ salah satunya seperti yang gue pake, nokia e63.
Profil Google PlusLagi juga lebih bagus tampilan profil blogger bisa nambahin sobat2 blogger lain kedalam daftar Blog yang Saya Ikuti memang sih google plus lebih bagus, tapi yah itu tadi nggak semua blogger punya gadget yang bagus.
Oia cara ini cuma buat blogspot aja ya, bagusnya juga bisa nampilin saat keadaan mobile, seperti pas ada tambahan ?m=1 gimana, tertarik? Semoga berguna ya, salam blogger :)

26 komentar:

  1. wuih perlu d coba nih.. Lam kenal y.. Saya bru ngblog

    BalasHapus
  2. salam kenal juga kawan, saya juga baru kok..

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. iya mbak, silahkan dicoba biar tambah wawasan tentang dunia internet juga :D

      Hapus
  4. wah google hebat ya..
    ada2 aja keluarannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah begitulah teknologi, setiap saat kadang terus berubah..kenapa tidak mencobanya ya khan??hehe

      Hapus
  5. Balasan
    1. terima-kasih sobat atas kehadirannya :)

      Hapus
  6. Visitor blog ane jarang yg dari google, kebanyakan cuma blogwalking & twitteran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya ini bukan cuma sekedar penampilan saja, tapi terkadang mesin itu butuh membaca lebih baik dari sebelumnya. bisa membedakan postingan dengan judul yang sama tapi isinya lebih mengena kemana arah tujuannya yang dicari..

      Hapus
  7. Uwa,, begitu toh cara kerjanya.
    :)
    Yahud poll..

    Thanks vo your Info..
    Hopefully useful :D

    Salam kenal

    BalasHapus
  8. saat ini saya belum bisa mencicipi. habis masih nebeng di wordpress ngeblog nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alat itu gak harus buat blogspot kok, buat blog lain juga bisa.. Ibaratnya itu cuma alat tester buat tampilan blog atau web di mesin pencari seperti google, yahoo, dll..
      Alat yang bisa ngebedain tentang apa yang dibahas dari postingan itu sendiri, bisa acara atau tinjauan sesuatu, seperti perjalanan juga..

      Hapus
  9. infonya mantab nih sob :) makasih sudah berbagi sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga berguna ya sob, lumayan buat tambah ilmu jika diseriusin :)

      Hapus
  10. infonya bagus, akan saya coba,,

    terimakasih sob

    BalasHapus
  11. owh, kirain dikasih tutorialnya gimana cara ngasih bintang di snippets? :D ternyata bukan, hehe

    BalasHapus