Minggu, 18 Maret 2012

Hidup Nikmat Bahagia

Assalamualaikum. Horree akhirnya kembali nulis blog lagi hari ini, semoga berguna bagi yang baca nih.
Kali ini gue pengen ngebahas tentang cara hidup yang nikmat versi yang gue alamin sendiri.. Sorry ya kalo rada serius dikit tulisannya, jadi jika ada yang salah mohon dikoreksi.. :) Bismillah..

Gunung Pancar

Banyak yang bilang kalo hidup itu simpel, tapi banyak yang bilang hidup itu juga sulit campur rumit.
Sebenernya kalo menurut gue dua-duanya ada benernya namun disisi dua orang yang berbeda.
Tinggal pilihan ente mau yang mana.
Disaat hidup lagi penuh kesulitan kebanyakan orang tuh selalu berfikir yang kurang baik, menyalahkan situasi, lingkungan dan kurang intropeksi diri.
Hidup itu sebetulnya simpel aja kok, mau disaat miskin maupun kaya. Kuncinya cuma satu yaitu bersyukur.

Bersedekah
Mensyukuri apa yang dimiliki rata-rata akan membawa seseorang jadi ngerasa lebih enteng dalam menyikapi keadaan disekitar, bahkan melebihi dari orang yang kelihatannya punya segalanya.
Trus bagaimana cara bersyukur yang nikmat? banyak sih caranya, minimal adalah saling berbagi. Bersedekah istilahnya. Orang kalo sudah banyak bersedekah itu akan ngerasa lebih bahagia dalam hidupnya. Bersyukurlah jika punya lebih, dengan berbagi maka beban hidup akan lebih ringan.
Luar biasa sebenarnya manfaat dari bersedekah klo pengen tau. Buat ente yang lagi punya banyak masalah dalam hidup inilah salah satu jalan keluarnya.
Jangan takut untuk bersedekah, apa lagi malu. Nggak ada yang buruk kok dalam hal berbuat kebaikan, bener nggak? Jangan dipikirin deh kalo ada orang yang menyinggung tentang apa yang ente lakuin, selama itu baik penilaian dari sudut mana pun tetep saja baik.

Caranya? Yaa dengan memberi apa yang ente sayangi. Misalnya duit, pakaian, makanan, tenaga dan apapun yang menurut ente itu ada harganya. Dan hasil yang ente dapet itu bukan cuma lebih dari hidup yang lebih bahagia.
Bahkan nih kalo menurut gue dalam ajaran agama apapun itu disuruh berbagi kepada sesama. Apa lagi buat yang muslim, udah wajib banget tuh menurut gue.

Masih takut berbagi-bagi? Takut hartanya berkurang? Takut tenaganya nggak dihargain orang? Tenang aja.. Semua itu ada balasannya kok, inget nggak kalo yang baik itu akan selalu mendapatkan yang baik pula.
Misal contoh kecilnya nih, bila ente pengen semua orang tuh suka ama ente yaa caranya ente juga kudu suka sama mereka. Ngak usah jauh-jauh, coba aja senyum sama orang yang nggak dikenal. Rata-rata orang akan berbalik tersenyum juga, yang penting senyumnya jangan kaya orang gila..senyum-senyum sendirian sama tembok..hehe semoga yang baca ngasih senyum ama yang nulis :)

Keluarga

Keluarga
Oia buat ente yang masih punya orang tua alangkah baiknya berbaiklah yang terbaik kepada mereka, itu juga kunci hidup bahagia. Jangan pernah menganggap apa yang ente punya, bukan juga punya kedua orang tua, tertama untuk ibu. Bisa kualat tuh nanti. Kalo perlu anggap itu semua harta yang ente punya adalah milik ibu termasuk nyawa ente. Ini udah jaminan ente bakal bahagia dunia akherat loch.
Nah jika ibu ente (maaf) udah wafat, alangkah baiknya berbaiklah yang terbaik buat keluarga. Karena senikmat-nikmatnya kehidupan nggak akan nikmat jika tanpa keluarga.
Berbagi dengan keluarga juga perlu, mau yang jauh juga buat yang deket sama ajah. Entah itu tetangga, teman, sahabat, mereka itu sudah termasuk keluarga. Jangan sampe deh ente dianggap pelit sama keluarga. Seumur hidup tuh bakal dikenang terus selamanya. Amit-amit jabang bayi *ngelus2perut*

Berfikir Positif
Jalan itu berliku, berlubang dan berbatu. Seperti hidup juga tidaklah selalu mulus, jalan tol saja sekarang kadang banyak yang bikin orang jadi cepet emosi karena sering macet. Berfikirlah dengan positif dalam posisi dimana pun. Entah itu ke orang lain juga ke diri sendiri. Jangan menilai jelek orang lain, apa lagi kalo sampe diungkapin secara langsung alias menghina. Karena hal itu, bikin ente bisa jadi banyak musuh. Bercanda boleh, tapi lihat dulu situasinya. Seperti di jalan juga pas lagi jalanan lenggang bawanya nyantai, yang ada dibelakang ente pada marah tuh. Nah pas dijalanan rame asal seruduk. Bahaya banget kan.
Kalem aja kalo bermasyarakat, nah ente juga bakalan dapet masyarakat yang kalem sama ente.
Berfikir positif aja pokok dan intinya deh dijamin hidup juga bakal kebawa lebih bahagia juga.

Gimana tulisan gue? Jelek yaa?? Hehe maklum baru belajar nih.. Semoga aja yang baca pada ngambil positifnya yaa..
Okeh segitu aja dulu, berhubung nulisnya lewat hape ngetik panjang nih layar udah nggak kuat lagi kayaknya..
Lain waktu gue nulis lagi, makasih buat yang udah baca apa lagi yang buat koment gue doain sukses dalam menjalani hidup.. Wasalam :)

33 komentar:

  1. kalo blogging termasuk bersedekah gak ya?
    Masuk ya ... semacam bersedekah ilmu ya:)
    Kan blogger salig sharing. Sama2 saling belajar. Juga buat yang bukan blogger bisa belajar ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berbagi yang baik itu bagus mbak @Mugniar asal jangan yang menyesatkan aja ya sharingnya :D

      Hapus
    2. Seperti blog Pembunuh Bayaran itu ya .. ck ck ck ...

      Hapus
    3. bukan yang gitu juga kalee mbak @mugniar :D

      Hapus
  2. Betapa senangnya saat kita bisa menajadi bagian untuk mereka tersenyum.
    Jadi pengin nelp emak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah yang bisa bikin hidup itu lebih bermakna mas @SobatBercahaya :))

      Hapus
  3. hidup bahagia itu adalah sabar dan tidak iri hati :)

    BalasHapus
  4. Indahnya bisa berbagi...salah satunya adalah bisa merasa bahagia saat kita bisa berbagi dengan orang lain

    BalasHapus
  5. asik.. adem banget datang kesini.. :)

    BalasHapus
  6. hidup ini sangat nikmat
    bisa berbagi dengan sahabat
    juga dengan saudara atau kerabat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berbagi puisi juga bagus ya mbak @anis_aneesa :))

      Hapus
  7. wah simpel artikelnya, mengajarkan kita untuk menikmati hidup yang jarang orang bisa lakukan. orang kebanyakan hanya menuntut saja tanpa mensyukuri. tenkyu gan.

    BalasHapus
  8. saya setuju dengan yang sedekah gan. apa yang kita berikan itu akan berbalik ko ke kita, cuma kita aja yang terlalu berlogika. jadinya kita cenderung pelit, padahal cepat atau lambat barang kita miliki akan sirna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya sob @drieant *colek @syifalulu, @bloggerdepok, @alvigutt, @kancutkeblenger juga ah* :D

      Hapus
  9. setuju.. jadi sedih kalo inget sama ibu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sedih sob @empol_, doakan terus yang terbaik buat ibu :)

      Hapus
  10. meski orang tak punya,dengan keluarga didekat kita,akan merasa bahagia bang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bang @ranz0ktaran bahagia tuh nggak harus punya harta banyak kok :)) yang penting bagaimana bisa mengaturnya aja..

      Hapus
  11. suatu kebanggaan tersendiri ketika kita bisa menorehkan senyum dimimik mereka hehehhe. . . keren kok bang hery tulisannya. .. . ayok senyum hehehhehe. . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. senyum hidup nikmat bahagia itu sulit didapet mas @28_susu :))

      Hapus
  12. Saya percaya ..., selalu berfikir positif, akan menemukan kebahagian.

    BalasHapus
  13. siip setuju deh, hidup yang indah itu saat bisa membuat orang lain bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kang @gugun_ceria berlomba membahagiakan orang lain, agar hidup lebih berharga :))

      Hapus
  14. berkunjung blog sahabt dan maaf baru nongol lagi sob...!! ijin nyimak yach sob..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima-kasih sob @ArhyErna_Blog atas kunjungannya, sukses terus yoo :)

      Hapus
  15. Hidup ini akan terasa indah & tenang jika, selama kita hidup bisa berguna buat keluarga & orang disekitar kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget sob @Arsavin666 keluarga bisa bikin seseorang menjadi bahagia, tapi ya keluarga harus di bahagiain dulu :)

      Hapus
  16. bersedekah itu nikmat dan membuka lebar pintu rejeki ALLAH yang kan mengalir melimpah untuk hamba-NYA yang pandai bersedekah :)

    BalasHapus
  17. dengan berbagi kita banyak rizki sob

    maaf baru mampir disini

    BalasHapus
  18. sedekah membawa berkah. Aku setuju sob

    BalasHapus